ads

Slider[Style1]

Sikap

Wacana

Berita

 Seribu Hektare Sawah di Kendal Terancam Tikus

Petani bersama Dinas Pertanian Kendal dan TNI menggeropyok hama tikus, Kamis (11/2/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

 Metrotvnews.com, Kendal: Puluhan hektare sawah di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah diserang hama tikus. Padi berusia 20 hari rusak dan terancam gagal panen.


Petani bersama Dinas Pertanian dan personel TNI bahu-membahu menggeropyok hama tersebut. Seperti persawahan di Desa Turunrejo, Kecamatan Brangsong, Kamis 11 Februari 2016. Satu per satu lubang tempat persembunyian tikus di pinggir tanggul dan saluran irigasi diinspeksi. Lubang tersebut diberi asap belerang.

“Tikusnya banyak, padi saya yang baru ditanam rusak dan harus ditanam ulang,” ujar Warsito petani setempat. Dalam penggeropyokan itu, petani dan personel Koramil Brangsong berhasil membasmi puluhan tikus.

“Tikus biasanya memakan batang padi yang masih berusia satu bulan hingga tanaman layu dan tidak tumbuh,” timpal Hamzah, petani lainnya.

Menurut data Dinas Pertanian Kendal, sedikitnya ada seribu hektare lahan pertanian rawan hama tikus. Pemerintah setempat terus menggalakkan gerakan pengasapan sarang tikus.

"Kemarin, di Desa Sendang Sikucing ada lebih dari 12 hektar tanaman padi mulai diserang tikus. Gerakan pengasapan ini dirasa efektif, tikus dan anaknya bisa mati di dalam sarang jika sudah diasap dengan belerang," kata Wildan, petugas Dinas Pertanian Kendal. SAN




Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/2016/02/11/482722/seribu-hektare-sawah-di-kendal-terancam-tikus
Iswahyudi - 11 Februari 2016 15:02 wib

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top